Senin, 18 Maret 2013

sosialisasi fk unram

Sosialisasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram di Ganesha Operation Denpasar (cabang Melati 57, Melati 71, dan Sudirman)

Pada tanggal 16 Februari 2013 pukul 20.00 WITA, sejumlah mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Mataram mengadakan sosialisasi kepada siswa/i SMA kelas XII di Bali, salah satunya kota Denpasar. Tempat diadakannya sosialisasi di kota Denpasar tidak hanya pada Sekolah Menengah Atas (SMA), tetapi juga pada tiga cabang bimbingan belajar Ganesha Operation (GO), yakni GO cabang Melati 57 (Jalan Melati no.57), GO cabang Melati 71 (Jalan Melati no.71), dan GO cabang Sudirman (Komp.Ruko Sudirman Agung Blok F no.3). Sosialisasi dilakukan oleh 10 orang mahasiswa/i yang terbagi ke dalam tiga kelompok, yaitu kelompok Melati 57 (Agus Gowinda, Cokorda Sananjaya, Dhika Tri PS, dan Arie Krisnayanti), kelompok Melati 71 (Yoga Kusmawan, Laras Sinta, Wahyu Widiantari), dan kelompok Sudirman (Amandha R. Taufika, Manik Adityaswara, dan Sinta Dwi). Sasaran sosialiasi ini merupakan siswa/i SMA kelas XII yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi khususnya fakultas kedokteran. Sosialisasi pada tiga cabang GO ini cukup efektif berdasarkan data peminat serta opini dari peserta sosialisasi.  Pada kegiatan sosialisasi di GO cabang Melati 71, terdapat 11 peminat ( seluruh peserta sosialisasi berminat untuk meneruskan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram). Selain itu, opini 91% peserta terhadap sosialisasi yang dilakukan adalah memuaskan, dan sisanya sebesar 9% menyatakan sosialisasi yang dilaksanakan sangat memuaskan. Namun, beberapa peserta memberi saran agar disediakan brosur atau selebaran sebagai bahan atau materi untuk disampaikan kepada orang tua masing-masing. Kegiatan sosialisasi di GO cabang Melati 57 pun berhasil dalam menjaring peminat, yakni sebesar 78,3% dari peserta sosialisasi berminat untuk meneruskan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Kemudian, sosialisasi yang dilakukan di GO cabang Sudirman sudah jelas dan komunikatif. Namun, beberapa peserta sosialisasi di GO cabang Sudirman memang masih memiliki keraguan dalam minatnya masing-masing untuk memilih meneruskan pendidikan di fakultas kedokteran atau fakultas lain.

SMA NEGERI 2 AMLAPURA
            Sosialisasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali, salah satunya dilaksanakan di SMA Negeri 2 Amlapura pada tanggal 15 Februari 2013 bertempat di kelas XII IPA 2 pukul 07.50-09.15 Wita. Kegiatan ini diikuti oleh siswa IPA yang berasal dari kelas XII IPA1, XII IPA 2, XII IPA 3, XII IPA 4, dan XII IPA 5 yang berjumlah 34 orang. Dari hasil survey yang dilakukan oleh tim sosialisasi BEM FK UNRAM untuk wilayah Karangasem, Bali, yaitu Rizka Dila Pratami dan Luh Made Tantri Chandra Parwathi, didapatkan hasil bahwa 29 orang atau sekitar 85% berminat untuk melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, sedangkan sisanya tidak berminat. Selain itu, hasil survey mengenai penyajian sosialisasi yang mengatakan sangat memuaskan sebanyak 6 orang atau sekitar 17 %, sedangkan yang mengatakan bahwa penyajian sosialisasi memuaskan sebanyak 28 orang atau sekitar 83%.

SMA NEGERI 3 AMLAPURA
            Sosialisasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali, salah satunya dilaksanakan juga di SMA Negeri 3 Amlapura pada tanggal 16 Februari 2013 bertempat di kelas XII IPA 1 pukul 09.00-10.00 Wita. Kegiatan ini diikuti oleh siswa IPA yang berasal dari kelas XII IPA1 yang berjumlah 21 orang. Dari hasil survey yang dilakukan oleh tim sosialisasi BEM FK UNRAM untuk wilayah Karangasem, Bali, yaitu Rizka Dila Pratami dan Luh Made Tantri Chandra Parwathi, didapatkan hasil bahwa 14 orang atau sekitar 67% berminat untuk melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, sedangkan sisanya tidak berminat. Selain itu, hasil survey mengenai penyajian sosialisasi yang mengatakan sangat memuaskan sebanyak 7 orang atau sekitar 34 %, sedangkan yang mengatakan bahwa penyajian sosialisasi memuaskan sebanyak 13 orang atau sekitar 62%, serta sisanya 1 orang atau 4% mengatakan kurang memuaskan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar